Berita Terbaru

Layak Kunjung

Advertisement Singkat Url


Masukkan link url panjang di kolom, klik shrink dan copy hasilnya. Dan viola!!

    Jejak Website

    GRUP SEWA JUAL BELI

    Ikuti Situs Via Email

Ketupat

Kupat atau ketupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih muda. Kupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Tradisi kupat lebaran adalah simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa ku = ngaku (Mengakui) dan pat = lepat (Kesalahan) yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada waktu itu masih banyak yang meyakini kesakralan kupat. Asilmilasi budaya dan keyakinan ini akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi Islami ketika ketupat menjadi makanan yang selalu ada di saat umat Islam merayakan lebaran sebagai momen yang tepat untuk saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Ada banyak bentuk kupat, diantaranya Kupat Biasa, Kupat Jambu, Kupat Mesjid, Kupat Jago, dan masih banyak lagi.

Disini kami akan menyajikan film CARA MEMBUAT bungkus KUPAT JAGO (Biar agak keren sengaja kami namakan Pilem, sebenarnya lebih condong disebut Pidio). Kupat jago dipilih karena jarang yang bisa membuatnya, dikarenakan tidak tahu caranya. Tanpa babibu lagi, silahkan dilihat, diterawang dan disebarkan. Agar keahlian ini tidak punah. 😝


Terbitkan Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda